Jumat, 27 November 2015

Analisis Produk



    

ANALISIS PRODUK “Baygon  

  Aerosol”

Writed and Design by :

Ø Irna Mufiana
Ø Mutimatus S
FAKULTAS EKONOMI
SEMESTER 1
    

Daftar isi

Halaman muka ......................................................................................................................... 1

Daftar Isi ................................................................................................................................... 2

Kata Pengantar ......................................................................................................................... 3


BAB I :           PENDAHULUAN

            I.I        LATAR BELAKANG MASALAH ................................................................. 4

            I.II       RUMUSAN MASALAH ................................................................................. 5

            I.III     TUJUAN PENULISAN ................................................................................... 5

            I.IV     MANFAAT PENULISAN ............................................................................... 5

            I.V       METODE PENULISAN .................................................................................. 6


BAB II :          KAJIAN TEORI

            II.I       Sejarah SC Johnson Global  ............................................................................. 7


BAB III:         PEMBAHASAN

            III.I     Baygon Aerosol .............................................................................................  9

            III.II    Fungsi dan Kegunaan ..................................................................................... 10

            III.III  Cara Menggunakan ........................................................................................ 11

            III.IV  Perbandingan dengan Produk lain .................................................................. 14


BAB IV :        PENUTUP

            IV.I     KESIMPULAN .............................................................................................. 17

            IV.II    SARAN .......................................................................................................... 17


DAFTAR PUSTAKA ...........................................................................................................  18



KATA PENGANTAR
                                                                                                                     



       Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang  ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak Hasan Basri selaku Dosen mata kuliah Pengantar Bisnis yang telah memberikan tugas ini kepada kami.

       Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.

       Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.


Jakarta , September 2015


Penyusun







BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Beberapa waktu belakangan ini banyak produk-produk pembasmi serangga yang mulai muncul di pasaran. Namun, terkadang kita sebagai konsumen tidak benar-benar mengetahui produk mana yang aman serta nyaman bila dipakai oleh seluruh keluarga. Oleh karena itu, perlu kita mengetahui keunggulan dari masing-masing produk yang kita pakai. Sesekali pun perlu kita mencoba produk lain yang sejenis sebagai bahan pertimbangan terhadap produk yang biasa kita pakai tersebut.
Dalam kesempatan kali ini, kami akan memaparkan salah satu produk pembasmi serangga yang terkenal ditelinga para konsumen. Dalam kesempatan ini pula, kami akan memaparkan detail demi detail produk tersebut agar para konsumen bisa lebih mengenal produk ini.
Fokus kami pada kesempatan kali ini adalah Produk Baygon Aerosol yang sudah sering sekali dipakai para konsumen. Lebih mendalam, kami akan membahas pula mengenai spesifikasi produk, keunggulan, perbandingan dengan produk lain, serta kondisi pasarnya pada saat ini.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan  latar  belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
1.      Apa itu Baygon Aerosol ?
2.      Mengapa kita harus cermat dalam memilih produk pembasmi serangga?
3.      Apa keunggulan produk Baygon Aerosol?
4.      Apa bedanya Baygon Aerosol dengan produk lain?
5.      Bagaimana cara penggunaan produk Baygon Aerosol ?
1.3 Tujuan Penulisan
Dari rumusan masalah tersebut dapat diketahui bahwa tujuan penulisan makalah ini adalah :
1.      Untuk mengetahui apa itu Baygon Aerosol
2.      Untuk mengetahui keunggulan produk Baygon Aerosol
3.      Untuk mengetahui perbedaan Baygon Aerosol dengan produk lain.
4.      Agar lebih cermat dalam memilih produk pembasmi serangga yang aman untuk keluarga.

1.4 Manfaat Penulisan
Dari segenap pembahasan yang telah dipaparkan, harapan yang ingin diwujudkan dalam  makalah ini tercakup secara teoritis dan secara praktis  yang meliputi :
1.      Secara teoritis
Makalah ini diharapkan berguna untuk memberikan sumbangan terhadap usaha peningkatan dan pengembangan mutu pendidikan terutama mengenai suatu produk pembasmi serangga.
2.      Secara praktis
Tujuan praktis dari makalah ini adalah: Mendorong masyarakat untuk dapat memahami dengan detail produk pembasmi serangga yang aman dan nyaman digunakan seluruh keluarga.

1.5 Metode Penulisan

Dalam penulisan makalah ini penulis menggunakan metode/cara pengumpulan data atau informasi melalui Metode Kepustakaan yaitu Metode pengumpulan informasi yang dilakukan melalui studi literature, internet, dan sebagainya yang sesuai atau yang ada relevansinya (berkaitan) dengan masalah yang dibahas.















BAB II
KAJIAN TEORI
2.1       Sejarah Perusahaan “SC JOHNNSON GLOBAL”
            SC Johnson telah menjadi family company (perusahaan keluarga) yang didirikan oleh keluarga Johnson, selama lebih dari 125 tahun. Sebagai Family Company, tidak ada yang lebih penting daripada kesehatan dan keamanan keluarga yang menggunakan prosuk-produk SC Johnson. Dimulai pada tahun 1886 oleh Samuel Curtis Johnson di Racine, Wisconsin, saat ini SC Johnson hari ini adalah perusahaan global yang memperkerjakan hampir 13.000 orang dan menjual produknya di hampir setiap negara di seluruh dunia.
            Sebagai Family Company, SC Johnson selalu mempunyai standar yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan lain. Konsisten dengan prinsip “This We Believe”, nilai-nilai yang menjadi dasar perusahaan ini adalah integritas, rasa hormat, keadilan dan kepercayaan.
            SC Johnson merupakan salah satu produsen produk kebutuhan rumah tangga yang terkemuka di dunia. Termasuk pembersih, penghilang noda, pembasmi serangga, perawatan sepatu dan pengharum ruangan.
Faktanya, SCJ memimpin 32% Pangsa Pasar Global dalam kategori Pest Control (Pembasmi Serangga)
            Di Indonesia, SC Johnson diwakilkan oleh PT. SC Johnson Indonesia dan PT. Johnson Home Hygiene Products (JHHP). PT.JHHP berdiri sejak tahun 2003, dimana SCJ melakukan akusisi bisnis dengan brand terkemuka Baygon, Autan, dan Bayclin. Pada tahun 2011, SCJ kembali melakukan akusisi bisnis dengan brand Kiwi Shoe Polish. PT. JHHP adalah pemimpin besar bagi kategori produk pembasmi serangga dan perawatan sepatu.
                       
AWARDS DAN MARKET SHARE


Baygon dan Autan mendapat penghargaan di Superbrands Indonesia’s Choice 2014 dalam kategori pembunuh serangga (Insect Killer)
          Dalam 3 tahun terakhir, Baygon merupakan merk nomor 1 dalam  kepuasan konsumen

Dalam 2 tahun terakhir, Baygon mendapat penghargaan dalam TOP BRAND

Di tahun 2013, Baygon mendapat penghargaan di Word Of Mouth Marketing Awards.


Market Share Baygon Indonesia

Baygon                        = 34%
HIT                  = 30%
Others             = 36%
Autan              = 31%
Soffell             = 59%
Others             = 10%

Kiwi                = 90%
Others             = 10%











BAB III
PEMBAHASAN

3.1        Baygon Aerosol

Adalah salah satu jenis produk yang digunakan untuk membunuh serangga, digunakan untuk kenyamanan keluarga anda. Bahan air, namun terdapat pump spray yang dapat mengubah partikel air menjadi gas reaktif yang dapat menyebarkan partikel-partikel gas tersebut ke seluruh area.
Baygon Aerosol adalah solusi praktis untuk perlindungan keluarga dari serangga, nyamuk, lalat dan kecoa yang bekerja cepat, efektif dan tahan lama. Hanya Baygon Aerosol yang memiliki formula “Hidden Mosquito” atau formula bunuh nyamuk yang tersembunyi sekalipun (dibawah lemari, dibalik gorden, dibalik kursi, dsb). Dengan kombinasi bahan aktif yang terbukti efektif untuk perlindungan keluarga, Baygon Aerosol juga memiliki pilihan aroma yang lembut dan menyegarkan.
Varian-varinannya :
                        
Yellow Freshcent        Natural Eucalyptus Scent       Natural Orange    Lavender    Waterbase
-          Yellow Freshcent 275ml, 600ml, dan 750ml
-          Natural Eucalyptus Scent 600ml, dan 750ml
-          Natural Orange 275ml, 600ml
-          Lavender 275ml, 600ml, dan 750ml
-          Waterbase 275ml dan 600ml
Distribusi Produk : Hypermarket, Supermarket, Minimarket, Pasar, Toko Tradisional, dll

3.2             Fungsi dan Kegunaan Produk
            Baygon anti nyamuk dengan formula yang mampu melumpuhkan dengan cepat dan terbukti sangat efektif membunuh nyamuk demam berdarah (Aedes Aegepty)
·         Yellow Freshcent, dengan wangi segar buah-buahan
·         Natural Eucalyptus Scent, dengan wangi Natural Eucalyptus Oil yang menyejukkan dan menenangkan
·         Natural Orange, dengan wangi kulit jeruk asli yang sangat alami dan menyegarkan juga tidak menyesakkan nafas.
·         Lavender, dengan aroma bunga lavender yang sangat lembut
·         Waterbase, dengan bahan dasar air yang memiliki keharuman lembut yang sangat khas.
Dengan daya kerja cepat, efektif dan tahan lama. Juga tidak meninggalkan residu (sisa penyemprotan gas) saat digunakan. Jadi di lantai, sofa atau barang serta furniture di rumah, tidak akan terkena atau tersentuh partikel kecil bahan aktifnya. Karena tidak meninggalkan sisa ketika di gunakan.
Strategi Pemasaran      : selain Promosi, Events, Gimmick, PT. JHHP juga mengadakan                                          campaign-campaign secara bergantian, cth campaign DBD, 5in1,                                         fragrance fair, dll.
Target Konsumen        : Ibu-ibu rumah tangga usia 25-44 tahun (atau lebih), dengan kelas                         ekonomi A,B,C (semua kalangan) tinggal di kota besar
Harga di pasaran         : tergantung toko, tetapi sekarang pada umumnya untuk ukuran                                          Aerosol 275ml, berkisar -20.000, untuk ukuran 600ml berkisar -                                           40.000, dan untuk ukuran 750ml berkisar -48.000.
Promosi                       : tergantung toko, rata-rata semua toko hypermarket dan supermarket                                  untuk Baygon Aerosol sekarang ini sedang berjalan promosi turun                                       harga. Semisal, di Giant dari harga reguler untuk varian Yellow                                          Freshcent adalah 38.490 sedang turun harga menjadi 27.790. dan untuk                                  contoh lainnya, di ramayana untuk Baygon Aerosol sedang promosi                                  tidak hanya turun barga tetapi untuk varian lainnya yang berukuran                                lebih besar 750ml berhadiah alat anti nyamuk elektrik yang sangat                                       mudah di gunakan dan fungsional serta fleksibel.
3.3                   Cara Penggunaan Produk

      Kocok sebelum digunakan
      Arahkan semprotan jauh dari wajah kemudian tekan tombol/tekan penutup botol di sisi atas
      Pegang kemasan setegak mungkin, semprotkan Baygon ke dalam ruangan atau permukaan yang sering dilalui atau dihinggapi oleh nyamuk, lalat dan kecoa
      Untuk mendapatkan hasil kerja produk maksimal, tutuplah ruangan selama 15-20 menit setelah disemprotkan Baygon dan jangan dahulu membersihkan bekas sisa penyemprotan
Agar bekerja sempurna, bersihkan juga tempat persembunyian dan perkembangbiakan nyamuk, lalat, kecoa serta serangga terbang lainnya.

Do’s
ü  Letakkan ditempat yang aman, jauh dari jangkauan anak-anak.
ü  Tutup dan lindungi bahan makanan, akuarium, dan keluarkan hewan peliharaan selama proses penyemprotan.
ü  Buang kaleng kosong bekas Baygon Aerosol di tempat yang aman.

Don’ts
û  Jangan sampai kena mata atau selaput lendir lainnya.
û  Jangan dihirup
û  Jangan disimpan bersama bahan makanan.
û  Jangan menyemprot manusia, hewan, makanan, api atau benda-benda panas.


3.4                         Perbandingan dengan Produk Lain

v  Macam-macam kompetitor Baygon Aerosol, yaitu :
1.      HIT,
2.      VAPE,
3.      MORTEIN,
4.      FORCE MAGIC,

v  Perbedaan dengan kompetitor, adalah sebagai berikut :
1.      HIT, yaitu salah satu kompetitor Baygon yang sangat cepat pergerakan nya di pasar saat ini. Diawal, produk ini memperkenalkan bahwa HIT adalah produk yang murah tetapi berkualitas. Tetapi, di sisi lain bila kita lihat dan teliti lebih dalam lagi bahwa HIT adalah produk yang memiliki kadar bahan aktif yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kadar bahan aktif yang ada pada Baygon Aerosol.
Bila kita lihat dan bandingkan dengan seksama, kadar bahan aktif pada kemasan/label HIT sebesar 0,4*** sedangkan pada kemasan Baygon kadar bahan aktif yang ada hanya sebesar 0,225 AE (Aerosol) atau gas reaktif. Dimana, bahan aktif adalah racun yang digunakan untuk membunuh si nyamuk. Secara otomatis, bila kita telaah lebih dalam lagi bila racun/bahan aktif dalam satu produk digunakan lebih banyak maka akan lebih ampuh memang tetapi juga akan berakibat jauh lebih berbahaya bila digunakan.
Sedangkan, pada sebuah website telah disebutkan bahwa kadar bahan aktif yang ada pada label/kemasan Baygon Aerosol juga telah memenuhi standart WHO (Report 2012) dan telah terbukti ampuh membunuh nyamuk tersembunyi sekalipun dan nyamuk demam berdarah. Satu lagi formula yang hanya dimiliki oleh Baygon Aerosol dan tidak dimiliki oleh kompetitor (produk lain) adalah Formula Hidden Mosquito (Bunuh Nyamuk Tersembunyi) yang dimana kata-kata ini terdapat di depan kemasan/label Baygon Aerosol (Freshcent, Eucalyptus, Natural Orange). Tanpa harus menyemprotkan di bawah kasur, dibalik tirai, atau di area-area tersembunyi, dengan partikel kecil nya yang dapat langsung menyebar ke seluruh area penyemprotan.
2.      VAPE,
Adalah produk pembasmi nyamuk/serangga yang lahir karena kerjasama kedua perusahaan (Fumakilla dan Jepang). Pada saat ini, Vape dalam kondisi pasar nya bergerak maju dan terus bertumbuh sehingga pun keberadaannya kelamaan akan dapat mengancam produk-produk lainnya yang sejenis.
            Nah, pada pembahasannya kali ini adalah perbandingannya dengan Baygon adalah dari segi harga (Price) tidak jauh berbeda, sulit memang untuk diakui bahwa VAPE sangat memenangkan dalam kategori One Push tapi untuk kategori Aerosol masih Baygon-lah leadernya.
            Seperti dijelaskan pada bagian HIT diatas pun sama. VAPE juga memiliki kadar bahan aktif yang lebih tinggi dibandingkan Baygon yaitu sekitar 0,3*** bila dibandingkan dengan Baygon yang memiliki kadar bahan aktif sebesar 0,225AE.

3.      MORTEIN,
Tidak jauh berbeda dengan kompetitor-kompetitor Baygon Aerosol yang lain, Mortein juga tidak jauh berbeda dari sisi harga, tetapi dalam hal bahan aktif Mortein juga memiliki bahan aktif yang lebih besar daripada Baygon. Seperti sudah dijelaskan diatas sebelum nya (Bagian HIT dan VAPE)
4.      FORCE MAGIC,
Dari sebuah sumber terpercaya, disebutkan bahwa FORCE MAGIC ini memiliki 2 variant yang berbeda (Ekonomis dan Premium). Dimana, Ekonomis adalah yang label kemasannya berwarna Biru, sedangkan yang memiliki kualitas Premium adalah yang memiliki kemasan /label yang berwarna kuning. Dari segi harga, keduanya pun berbeda yang premium justru lebih mahal dibandingkan yang ekonomis. Pun dengan Baygon Aerosol kadar bahan aktif dalam FORCE MAGIC pun tidak jauh berbeda dengan Baygon Aerosol. Bila dilihat lagi, bila dibandingkan dengan Baygon Aerosol adalah dimana hanya Baygon Aerosol yang memiliki formuka bunuh nyamuk tersembunyi (Hidden Mosquito) yang telah dipatenkan dalam label/kemasan produknya.

4.1                          KESIMPULAN
Setelah membahas bagian-bagian dari Produk Baygon Aerosol tersebut diatas, dapat kita simpulkan bahwa banyak produk-produk pembasmi nyamuk dan serangga. Namun, itu tergantung kepada kita sbg konsumen bagaimana menyikapi dan menggunakan berbagai macam produk tersebut. Baygon adalah salah satu Brand produk ternama yang sudah terlebih dahulu dan berpengalaman dan terbukti dalam hal membunuh mati serangga. Oleh karena itu, kita harus menjadi konsumen yang cermat dalam memilih produk pembasmi serangga yang akan kita gunakan. Jangan sampai, nanti produk yang kita hendak beli justru akan membahayakan dan mengancam keamanan serta kenyamanan kita dan seluruh keluarga.
4.2                          SARAN
Sebaiknya, dalam memilih produk pembasmi serangga dan sejenisnya kita sebagai konsumen yang baik harus cermat dalam memilih produk. Tidak hanya melihat dari faktor harga, tetapi kualitas produk pun harus diperhatikan sebelum kita atau konsumen memutuskan untuk membeli produk yang kita inginkan.

















4.3                          DAFTAR PUSTAKA

Semua informasi, materi ataupun berita yang ada di dalam artikel atau makalah ini, bersumber dari :
§  SC Johnson (PT. Johnson Home Hygiene Products) Product Gallery of Company Book 2014
§  Baygon – Wikipedia Bahasa Indonesia
§  Baygon Protector anti Nyamuk dan Lalat
§  Baygon Just Eat The Market Share Survey Nielsen 2014
§  Baygon Detail Products

Tidak ada komentar:

Posting Komentar